Sabtu, 23 Agustus 2014

Surat Buat BPN RI



Kepada
Yth                     : Kepala BPN RI
Yth                     : Kepala Kantor BPN Wilayal Prov.DKI Jakarta.
Yth                     : Kepala Kantor Badan Pertanahan Jakarta Pusat.

Di-     Tempat.

Hal         : Laporan/Informasi dan Permohonan Penyelesaian Sengketa Tanah

Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama: MG Sormin. Tempat/Tgl Lahir:  Medan/2 Juli 1960, Warga Negara Indonesia, Pekerjaan: Aktivis Sosial, No KTP: 2174 1002 0760 0003, ber’alamat: Jl.H.Najih Rt 09 / 01 No 79 Petukangan Utara, Kec.Pasanggrahan - Jakarta Selatanm berkantor di Gd. Perkantoran majapahit Blok B 112 Jl Majapahit No 18 - 23  Jakarta Pusat..
Adalah Kuasa berdasarkan kuasa tertanggal: 24 juni 2011

Untuk dan atas nama: Drs.R.Bambang Supeno. Tempat/tgl Lahir: Jakarta 30-11-1949, Pekerjaan: EX. PNS, NIK : 0950010206379  Alamat  Jl.Batutulis VIII No 18, RT/RW; 08/02, Kel.Kebon kelapa, Kec.Gambir, Jakarta-Pusat, Alamat tempat tinggal:  Lingkungan I Rt/001Kel. Bahu.Kec. Malalayang, Sulawesi Utara. Kota Manado
Selaku Ahliwaris Pemilik Tanah dan Bangunan atas nama R.Ayoe Noerbaiti/Dr.Moehadjir, terletak di Jl.Batutulis VIII No 18, RT/RW; 08/02, Kel.Kebon kelapa, Kec.Gambir, Jakarta-Pusat luas + 400 m2.
Untuk selanjutnya diasebut…………………………………………………………………………….    Pemohon
Melawan

Nama: Ny.Anna, Pekerjaan Guru, mengaku “Pendiri, Ketua Yayasan Perguruan Merpati” ber’alamat di Jl.Batutulis VIII No 18, RT/RW; 08/02, Kel.Kebon kelapa, Kec.Gambir, Jakarta-Pusat
Untuk selanjutnya disebut ……………………………………………………………………………   Termohon.
Adapun yang menjadi alasan-alasan dan peristiwa yang diajukan dalam permohonan ini adalah:

I.    Pemohon adalah Ahliwaris Pemilik Tanah/Pendiri SD Merpati, menguasai fisik tanah turun-temurun yang lamanya telah mencapai 86 Tahun Srt Ket Waris)
1.    Surat Ferklaring tertanggal 16 September 1928,
2.    Surat Keterangan Hakim Rad Agama Ponorogo Tanggal 10 luni L928,
3.    Akta Jual Beli Notaris GH.Thomas, Sub Nomor 68 Batavia tertanggal 16 Oktober 1930,
4.    Surat Keterangan R.NV Notoatmodjo Comunis Dep.BB tertanggal 16 September 1931.
5.    Bukti-bukti telah membayar Pajak (Kota Praja Ttd Walikota Sudiro)
6.    Bukit memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB)  tertanggal 27 luni 1963, Nr.618/IB.

II.  Termohon adalah;
Mengaku Pendiri dan Ketua Yayasan Perguruan Merpati, terletak di. Jl.Batutulis XIII No 18 Rt 08/02 Kel. Kebon Kelapa, Kec.Gambir Jakarta Pusat, diduga rekayasa bohong untuk menguasai Hak Ahliwaris.

Adapun perbuatan tersebut dilakukan dengan:
1.  Merubah status “SD Batutulis Drs.R,Suwondo” menjadi ‘Yayasan Perguruan Merpati” diduga menggunakan data/keterangan rekayasa “Palsu” dengan tampa persetujuan pemilik/Ahliwaris,

2.  Melakukan penyerobotan ruangan rumah tinggal sekolah dalam perluasan ruang belajar Yayasan Perguruan Merpati: dengan Tampa Izin Pemilik/Ahliwaris.

3.  Menyatakan/menyebar Issyu: Tanah/Bangunan Sekolah SD Batutulis milik Ahliwaris telah di hibahkan” tampa kejelasan dan tampa dapat membuktikan, “Guna menghalangi hak Ahliwaris.                       (Rec)
           
4.  Mengaku sebagai Pendiri Yayasan Merpati Sejak Tahun 1967                         (RT 08/02, Notulen Rapat)

5.  Tidak mengindahkan Somasi Ahliwaris melalui Kuasan Hukumnya  .                             (2 Lbr Srt.Somasi)

6.  Menolak setiap kedatangan Pihak Ahliwaris Bambang S./Kuasanya.                                        (Saksi-saksi)

7.  Menolak memberikan keterangan/rekomondasi dukungan rencana Ahliwaris dalam pendaftaran Tanah.ke BPN dan Pembayaran Pajak ke Kantor Pajak DKI.dengan alasan:Tanah/Bangunan/sekolah tersebut telah di Wakaf’kan ke Yayasan Perguruan Merpati yang dipimpinnya                                 (Saksi-saksi, Rec)

8.  Melakukan perbuatan tidak terpuji atas Pemasangan Benner persis di depan Pintu masuk Rumah/teras tampa seizin pemilik/penjaga rumah maupun Ahliwaris yang ber-Hak                                        (Foto-foto)

9.  Melakukan penyerobotan sebagian ruangan Rumah Tinggal dan Intimidasi pengusiran terhadap penjaga Rumah (Bp.F.Obit)                                                                                                          (Saksi korban)

III.    kronologis singkat kejadian:
1.   Bahwa Drs.Bambang Soepeno Adalah Ahliwaris Tunggal,Anak kandung dari: Drs.R.Soewondo     /R.Melanie (Alm) keturunan dari Dr. Moehadjir/R.Ayoe Nurbaiti.                (Surat Ket/Pernyataan Waris)
2.   Bahwa, pada  Tahun  1967, Drs.R.Soewondo Moehadjir  mendirikan  sekolah  Dasar gratis bernama SD Batutulis Drs.Soewondo terletak di Jl.Batutulis  XIII No 18 Rt 08/02 Kel. Kebon Kelapa, guna membatu anak anak yang tidak mendapatkan pendidikan di sekolah Negeri.                        (Srt.Permohonan ke PDK)
3.   Bahwa, kisaran Tahun 1971 Alm.R.Soewondo Moehadjir, berangkat ke Negeri Belanda dengan maksud berobat namun tidak kembali lagi ke Indonesia dan dikhabarkan telah meninggal dunia disana pada Tanggal 28 Juli 1971,                                                                                               (Bukti kematian)
4.   Bahwa, sepeninggal Alm.Drs. R.Soewondo ke Negeri Belanda kepengurusan Sekolah/Rumah di kuasakan kepada Kakak perempuannya bernama; Rr.Anni Fatimah Moehadjir berikut seorang Penjaga Rumah bernama Bp Obit hingga kini.                                                                                                    (Saksi)
5.   Bahwa. pada tanggal, 25 Maret 1977 status SD.Batutulis berubah menjadi Yayasan Perguruan Merpati tampa diketahui/musyawarah dengan Ahliwaris (Bambang Supeno) dengan Akta Notari Ny Sri Soe Abdul Syoekoer  di Jakarta No 32 tgl 25 Maret 1977. “diduga sengaja direkayasa guna mencari pendanaan dari Pemerintah untuk kelanjutan sekolah tersebut, mengingat telah meninggalnya Drs.Bambang Soepeno (28-7-1971) yang selama itu selaku pendana”         
6.   Bahwa, pada tanggal 8 Juni 2002 Rr.Anni Fatimah Moehadjir (Tanta Ahliwaris) selaku Wakil Alm Drs.R.Suwondo) pendiri SD Batutulis meninggal dunia di lokasi tersebut (keterangan saksi “Jatuh dari lantai II”namun dalam surat kematian disebutkan karena Sakit).dan sejak saat itu kepemimpinan Yayasan diambil alih oleh Ny. Anna Cs.
7.   Bahnwa sejak wafatnya Rr.Anni Fatimah (Tante Ahliwaris) Pihak Yayasan telah menyebar Issyu ”Rekayasa/Bohong” yang dilakukan Ny.Anna.CS yang layak diuduga sengaja dilakukan guna mengusai hak Ahliwaris, dengan pernyataan/Pengakuan:”Tanah/Bangunan sekolah yang dikuasainya adalah telah dihibah’kan kepada Yayasan Perguruan Merpati” yang dipimpinnya dan menolak segala campur tangan Ahliwaris dan secara tegas tidak mengakui Hak Ahliwaris dan merubah/melakukan penyerobotan sebagian bangunan Rumah Tinggal milik Ahliwaris yang berdampingan langsung dengan Bangunan Sekolah.
8.   Bahwa pada tgl 22 Agustus 2002 Ahliwaris Drs.Bambang Supeno melalui  Kuasa Hukumnya Kantor Hukum ‘Lailawati Laisyak Edwan & Rekan’ Alamat: Jl Letjen Suprapto (Perkantoran Cempaka Putih Lt.II N0 3 Jakarta Pusat. ttd : Edwan H Daulay SH.- H.Ramly Dahlan.SH.– Madjono.SH. telah melakukan Somasi kepada Pihak Yayasan Perguruan Merpati namun tidak di indahkan pihak Yayasan dan tidak ada niat baik dalam penyelesainnya.
9.     Bahwa; hal-hal tersebut dipertegas oleh Ny.Anna. pada rapat Mediasi yang diselenggaran oleh Lurah Kebon Kelapa. di Kantor Kelurahan Kebon kelapa Tgl 9 Januari 2014, dihadiri oleh 4 Orang pihak Yayasan; yang dipimpin Ny/Anna, Kuasa Ahliwaris, Lurah Eddy.dan Staf Pemerintahan kelurahan, Babinsa dan Ketua RW setempat)
10.  Bahwa pada tanggal 20 Agustus 2014 Lokasi Tanah di ukur oleh Oknum BPN mengaku atas Permintaan Ny.Anna mengaku selaku Ketua Yayasan dengan maksud yang tidak jelas, tampa persetujuan Ahliwaris/Penjaga.
11.  Bahwa, Akibat dari perbuatan Termohon tersebut telah terjadi penolakan aparat RT/RW hingga Lurah dalam memberikan surat pengantar maupun rekoondasi tanah yang dimohonkan pemohon, termasuk adanya penolakan Oknum Kantor BPN Jakarta Pusat dalam permohonan pengukuran tanah sementara yang dimohonkan Pemohon.

IV. Maka Kami berpendapat;
Bahwa, telah terjadi rekayasa data dalam Pendaftaran/pendirian Yayasan Perguruan Merpati dan penyebaran khabar bohong atas Pengakuan kepemilikan dan penyerobotan sebagian Bangunan Rumah tinggal milik Ahliwaris yang dilakukan oleh Ny.Anna mengaku Pendiri dan Kutua Yayasan Perguruan Merpati terletak di: Jl. Batutulis XIII No 18 Rt 08/02 Kel. Kebon Kelapa, Kec.Gambir Jakarta Pusat. adalah masuk dalam katagori Perbuatan melawan Hukum: yang mengakibatkan adanya kerugian Ahliwaris Drs.R.Bambang Supeno (Termohon) dan terancam kehilangan haknya atas pendaftaran Tanah Ke Kantor Badan Pertanahan sebagaimana mestinya telah dilakukan

Atas hal hal tersebut diatas dan guna klrifikasi/penyelesaian permasalahan yang ada dengan ini dimohonkan kepada Bapak Kepala Kantor Badan Pertanahan Kota Adminstrasi Jakarta Pusat untuk:
-      menyelesaikan permasalahan yang ada sebagaimana kejadian yang ada tersebut diatas.
-      memanggil pihak pihak Pemohon dan Termohon guna klarifikasi dan penyelesaiannya.
-      tidak memberikan hak kepada siapapun terkecuali persetujuan Pemohon (Bambang Soepeno)
-     dimohonkan arahan dan petunjuknya atas syarat syarat, kelengkapan data kepeilikan Tanah yang semestinya dimiliki para Termohon dan Pemohon dengan pembuktiannya.

Demikian surat permohonan ini kami buat dengan apa adanya dan didukung dengan bukti bukti yang ada. Atas perhatian dan tanggapannya lebih dahulu kami mengucapkan terimakasih adanya.

                                                                                                                     Jakarta 23 Agustus 2014
                                                                                                                                   Hormat Kami;

     NB: menyusul akan dibuatkan Laporan/permohonan langsung.
    

   (MG Sormin)
                                                                                                                              Hp 081383.999.687

Tidak ada komentar:

Posting Komentar